Menu Gstarkindo

Senin, 28 November 2011

Simbol Grafis Prasejarah

Penyebaran , objek , media dan corak memperlihatkan bahwa lukisan gua merupakan peradaban manusia universal pada waktu lampau. Lukisan itu bisa dibandingkan dengan kode bunyi (huruf) atau amgka jaman moderen saat ini , mengenai corak dan  polanya . Bahkan lebih dekat dengan huruf-huruf hieroghlyp , yang membedakan satu gambar mewakili makna yang lebih komplek dibanding dengan huruf hieroghlyp satu kode mewakili sebuah objek atau aktifitas, dan bukan hanya sekedar sebuah hisaan.

Key words : lukisan gua, kode komunikasi, huruf , angka.

Lukisan gua merupakan kode komunikasi ?

Lokasi : Orang San, Afrika Selatan
Menurut Roder dan Galis, yang menyelidiki lukisan gua di Papua, lukisan itu bertalian dengan upacara-upacara penghormatan nenek moyang, upacara penguburan, inisiasi, dan mungkin juga untuk keperluan ilmu dukun, untuk minta hujan dan kesuburan, atau memperingati suatu kejadian yang penting (Marwati Djoened Poesponegoro; 2008, 185).

Terlepas dari para pakar yang telah melakukan penelitiana dan pendapat, bahwa lukisan gua dijumpai di banyak tempat menyebar melewati batas negara. Melihat hasil kajian tentang umur menunjukan lukisan itu telah dimulai ribuan tahun yang lalu.  Dalam kurun waktu yang sejaman


Lokasi : Perancis
Khususnya di Indonesia penyebaran meliputi menyebar dari ujung Timur hingga ujung Barat. Melihat obyek dan corak lukisan secara umum mempunyai kemiripan baik tingkat penyebaran global maupun lokal, yaitu adanya gambar binatang , telapak tangan dengan corak 2D. Bentuknya realistik dan dengan formasi tertentu, artinya objek tidak berdiri sendiri ada objek-objek diantaranya. Dilihat objek dan corak memperlihatakn kedaan gambaran benda (benda), gambaran sedang aktifitas tertentu (kerja), gambaran kedaan tertentu , misal luka,dll., menunjukan bahwa lukisan lebih mirip sebagai alat komunikasi dan kode dibanding sekedar hanya sebuah hiasan.

Di Indonesia ditemukan di pulau-pulau Sumatera, Jawa,  Sulawesi Selatan, Kepulauan Maluku, Papua, Kalimantan dll.

Lokasi : Gua harimau, Indonesia
Lokasi : Lascaux, Afrika

Lokasi : Kimberly, Australia
























Lokasi :Wandjina , Australia
Terjadi hubungan peradaban manusia mulai ribuan tahun yang lalu ?

Objek-objek yang sama, misalnya telapak tangan (totem)  dsb. dijumpai pada gua-gua  di Sulawesi, Maluku hingga Papua , memperlihatakan kesamaan-kesamaan. Kesamaan-kesamaan ini menunjukan bahwa adanya pertalian diantaranya. Talian ini nampaknya terjalin  dari Afrika  hingga Papua .

































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbaikan Tanah Bawah Permukaan ( Sub Grade) Jelek dengan Kayu (Wood)

Kondisi tanah jelek (bad soil) wilayah Indonesia Indonesia memiliki wilayah yang tanahmya berklasifikasi tanah jelek (bad soil) mencapai lu...